Tuesday, November 13, 2012

Peringatan Hari Diabetes Dunia 14 November

WDD (World Diabetes Day) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh semua negara di seluruh dunia setiap tanggal 14 November untuk memperingati Hari Diabetes Dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memperingati acara ini setiap tahunnya. Tahun ini acara WDD di Indonesia akan diadakan pada tanggal 11 November 2012 di Senayan Plaza Barat. Tujuan Diadakannya acara ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai pencegahan dan penanggulangan Diabetes di Indonesia. 

Tahukah Anda sekitar 4.73% dari penduduk Indonesia atau sekitar 7 juta orang diperkirakan menderita diabetes? Berdasarkan Diabetes Atlas 5th Edition diperkirakan angka ini akan bertambah menjadi 5,95% di tahun 2030. Jumlah peningkatan penderita diabetes ini disebabkan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak sehat, seperti pola makan yang tidak sehat dan kurangnya olah raga.

Untuk membantu masyarakat mengenal pola makan sehat dengan program gerakan 3-J (Jumlah, Jenis, dan Jadwal) yang berkaitan erat dengan pola makan untuk menjaga kadar gula darah agar jauh dari resiko diabetes atau tetap hidup sehat wakaupun sudah menderita diabetes. Gerakan 3-J mengajak kita untuk senantiasa melakukan pola makan yang sehat dan ideal. Mudah saja, "J" yang ke-1 (pertama)  yaitu dengan menghitung Jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi oleh tubuh, kaiatannya erat dengan tinggi badan serta aktivitas fisik yang biasa dilakukan. "J" yang kedua adakah memperhatikan Jenis makanan yang dikonsumsi. Komposisi gizi yang seimbang akan menunjang pola makan yang sehat. Jenis makanan yang sehat yaitu mengandung 45-65% karbohidrat, 10-20% protein, 20-25% lemak, serta vitamin dan mineral. "J" yang ke-tiga atau terakhir adalah mengatur Jadwal makan dalam sehari. Jadwal makan yang ideal adalah 3 kali makan besar diselingi dengan 3 kali makan kecil termasuk sarapan pagi.

Dengan diadakannya edukasi POLA MAKAN SEHAT 3-J tersebut diharapkan masyarakat Indonesia dapat menerapkan pola makan sehat dengan pola 3-J disertai dengan olah raga yang teratur sehingga kadar gula darah senantiasa terjaga untuk hidup sehat dan optimal.

sumber: advetorial kedaulatan rakyat


Related Post:

No comments :

Post a Comment