Saturday, September 15, 2012

Camilan Untuk Diabetes



Penderita diabetes seringkali terlalu berusaha menjaga kadar gula darahnya, sehingga yang dilakukan adalah menghindari camilan. Konsep yang keliru ketika para diabetisi (penderita diabetes) memilih untuk menahan lapar daripada mengonsumsi snack di sela jadwal makan utama.

Saat perut Anda mulai terasa ‘keroncongan’, segera ‘ganjal’ perut Anda untuk mencegah kadar gula darah turun/drop. Sama seperti makan sungguhan, camilan yang baik juga sebaiknya terdiri dari lemak, serat, karbohidrat dan protein. Nah, apa saja camilan yang baik dan sehat untuk penderita diabetes?

Berikut beberapa snack atau camilan yang dengan takaran yang pas dapat membantu para penderita diabetes menanggulangi rasa laparnya:
Biskuit gandum.
Gandum dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu, snack dari gandum dapat mempertahankan rasa kenyang relatif lebih lama. Temukan tulisan ‘whole-wheat flour’ atau 'tepung gandum utuh' pada kemasan. Konsumsi sekitar dua buah saja, untuk menambah rasa, dapat Anda tambahkan seperempat cup selai anggur.
Buah segar.
Buah mengandung nutrisi dan serat yang sangat penting untuk diet, namum porsinya harus tetap diperhatikan karena buah mengandung gula alami. Buah yang baik untuk penderita diabetes adalah berries, melon dan apel (cukup setengahnya saja). Tambahkan seperempat irisan keju, proteinnya berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan memberi tambahan kalsium.
Serat dan mineral alami.
Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol, banyak ditemukan dalam sayuran seperti tomat, black bean, paprika hijau dan alpukat. Boleh juga menambahkan irisan brokoli, wortel, seledri dan sayuran lainnya untuk mendapatkan ekstra mineral. Jadi Salad untuk snack di sore hari?
Yoghurt.
Mirip dengan keju, yoghurt sangat baik untuk mestabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium.

Jadi ada baiknya pasien Diabetes mempersiapkan dirinya dengan beberapa snack tersebut. Selain dapat mengatasi lapar, sehat dan juga enak bukan?


Related Post:

No comments :

Post a Comment